Tiga Jenis Material Plafon Rumah

Plafon rumah adalah penutup ruangan bagian dalam rumah agar terlihat rapi dan indah,  Plafon atau yang sering disebut langit-langit, merupakan komponan bangunan yang berfungsi sebagai lapisan yang membatasi tinggi suatu ruangan. Selain itu, plafon juga berguna untuk keamanan, kenyamanan, serta keindahan sebuah ruangan.

Fungsi plafon
  1. Batas tinggi suatu ruang sehingga tidak nampak kosong
  2. Penahan berbagai kotoran berukuran kecil yang jatuh dari celah atap
  3. Menghalau percikan air hujan yang jatuh melalui atap
  4. Isolator atau pengatur rasa panas dan dingin yang berasal dari atap
  5. Penutup rangka atap agar ruang lebih rapi dan bersih
  6. Peredam suara, baik yang ditimbulkan oleh air hujan maupun suara lainnya
  7. Tempat menggantungkan komponen penerangan dan listrik
Berikut tiga jenis plafon rumah yang perlu anda ketahui:

1. Triplek

Ukuran triplek yang ada di pasaran untuk plafon adalah 122cm x 244cm dengan ketebalan 3mm, 4mm, dan 6mm. Rangka plafon menggunakan kaso 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60cm x 60cm.


2. Serat fibersemen/ GRC board

Saat ini serat fibersemen atau GRC board lebih banyak digunakan oleh masyarakat. Sebabnya, material ini lebih murah dibanding triplek. Di pasaran, ukuran GRC board untuk plafon adalah 60cm x 120cm dan 122cm x 244cm dengan ketebalan standar 4mm.

3. Gypsum

Jenis material plafon yang satu ini sangat tepat dipasang pada rumah yang penutup atapnya merupakan pelat beton, karena ada jaminan tidak bocor.

Ukuran gipsum di pasaran umumnya 122cm x 244cm. Pada prinsipnya, kebutuhan bahan untuk pemasangan plafon gipsum sama dengan GRC board. Hanya saja selain sekrup, pemasangan bisa dilakukan dengan menggunakan bubuk gipsum atau compound.

Sumber: chinagypsumboard.com

Plafon bahan gypsum lebih banyak diminati oleh masyarakat akhir2 ini, karena kelebihannya banyak, lebih unggul dari bahan-bahan seperti asbis,kayu, dan triplek dll.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Pengetikan di Pamekasan Daerah Kota

Contoh logo properti keren

Kondisi Terkini Palestina Usai Pernyataan Donald Trump